Warga di 2 Kabupaten Minta Tenaga Penyuluh

PALANGKA RAYA - Untuk memaksimalkan pembangunan di sektor pertanian, sejumlah masyarakat mengharapkan agar di wilayah mereka ditempatkan tenaga penyuluh pertanian.


Salah satunya seperti yang disampaikan masyarakat dari 2 kabupaten. Yakni, Kotawaringin Timur (Kotim) dan Seruyan kepada Anggota DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) yang melaksanakan reses maupun kunjungan kerja ke daerah tersebut, belum lama ini.


Anggota DPRD Kalteng HM Fahruddin mengatakan, masyarakat di dua kabupaten tersebut sangat potensial pengembangan pertaniannya, hanya saja selama ini, pengembangan sektor pertanian dirasakan belum terlalu maksimal, sementara kondisi wilayah untuk pengembangan pertanian sangat potensial. “Permintaan masyarakat di wilayah Dapil Kalteng II agar Pemprov Kalteng maupun kabupaten dapat menempatkan penyuluh pertanian yang profesional di desa-desa,” kata Fahruddin, di gedung dewan, belum lama ini.


Menurutnya, sektor pertanian mempunyai peranan yang penting dan strategis dalam pembangunan nasional. Peranan tersebut antara lain dapat meningkatkan devisa negara, penyediaan lapangan kerja, perolehan nilai tambah dan daya saing, pemenuhan kebutuhan konsumsi dalam negeri, untuk bahan baku industri dalam negeri.


Ditambahkan Fahruddin, keberhasilan pertanian tersebut tidak terlepas dari peran penyuluh pertanian. Oleh sebab itu, mereka dari DPRD Kalimantan Tengah mengharapkan agar apa yang menjadi aspirasi masyarakat tersebut dapat menjadi perhatian khusus dari pemerintah, baik itu Pemprov Kalteng maupun pemerintah kabupaten/kota masing-masing.


“Karena penyuluh pertanian adalah petugas yang melakukan pembinaan dan berhubungan atau berhadapan langsung dengan petani,” ungkap Wakil Ketua Komisi A, bidang pemerintahan, anggaran dan hukum ini.


Fahruddin melanjutkan, tugas pembinaan yang dilakukan oleh para penyuluh pertanian ini adalah dalam rangka meningkatkan sumber daya petani dibidang pertanian. Dimana diharapkan kedepan Kalimantan Tengah mempunyai petani yang handal dan profesional dibidangnya masing-masing.