Tingkatkan Infrastruktur di Basirih Hulu

PALANGKA RAYA – Masyarakat Desa Basirih Hulu, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan (MHS), Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mengusulkan kepada pemerintah untuk meningkatkan infrastruktur di desa tersebut. Pasalnya, ada sejumlah titik jalan di desa itu yang mengalami kerusakan.


Usulan itu disampaikan masyarakat setempat, saat bertemu dengan Anggota DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) dari Daerah Pemilihan (Dapil) II, meliputi Kabupaten Kotim dan Seruyan Jainudin Karim, ketika melaksanakan reses perorangan ke daerah tersebut, pekan lalu.


Dalam reses tersebut diungkapkan akses jalan di desa tersebut, terutama jalan menuju kantor desa Basirih Hulu hingga saat ini masih minim sentuhan pembangunan. Padahal akses jalan tersebut merupakan penghubung antara jalan HM Arsyad menuju dermaga penyeberang antar Kecamatan.


“Saat reses di Basirih Hulu banyak aspirasi yang disampaikan masyarakat melalui kepala Desa setempat, diantaranya usulan kepada pemerintah Kabupaten maupun Provinsi untuk penanganan jalan di desa tersebut, khususnya akses menuju kantor desa setempat,” kata Jainudin, Selasa (13/4).


Anggota Komisi II DPRD Kalteng yang membidangi Ekonomi dan Sumber Daya Alam (SDA) ini mengatakan, dalam reses itu dia meninjau langsung sejumlah titik di ruas jalan tersebut yang mengalami kerusakan. Oleh sebab itu dia berharap agar jalan yang mengalami kerusakan itu segera diperbaiki karena merupakan akses vital masyarakat.


“Jalan menuju kantor desa itu sebagian sudah diaspal, ada juga berupa timbunan. Apa yang disampaikan masyarakat ini diharapkan dapat diperhatikan oleh pemerintah,” terang politisi dari Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) ini.


Selain masalaha infrastruktur kata Jainudin, ada juga sejumlah aspirasi lainnya, seperti peningkatan infrastruktur menunju kawasan pertanian, bibit pertanian, percetakan sawah batu untuk meningkatkan hasil pertanian masyarakat setempat.