Pemkab Sukamara Mengharapkan Ruas Pantai Lunci-Kuala Jelai Ditingkatkan

INFRASTRUKTUR


PALANGKA RAYA –Kalangan DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng), kerap menerima berbagai keinginan dan usulan dari masyarakat. Salah satunya, seperti yang disampaikan wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) III, meliputi Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Lamandau dan Sukamara H Sugiyarto. Sebut saja seperti keinginan peningkatan ruas jalan dari arah Sukamara, khususnya jalur Pantai Lunci-Kuala Jelai.


“Mereka berharap adanya pengaspalan dari ruas Pantai Lunci ke Kuala Jelai, dengan panjang 20 km,” ujarnya ketika dikonfirmasi via WhatsApp seluler, Selasa (16/6).


Usulan itu sendiri sangat beralasan dan penting, dimana wilayah Kuala Jelai dinilai strategis serta sebagai kawasan perikanan. Intinya masyarakat disana berharap hasil dari tambak serta ikan yang ada, bisa diangkut dengan lebih mudah ke Sukamara maupun menuju kabupaten tetangga. Sebut saja seperti Lamandau dan Kobar yang juga merupakan wilayah-wilayah strategis, khususnya terkait sektor perikanan.


Selain itu ada juga usulan-usulan mendominasi lain, yang mesti jadi perhatian. Misalnya saja Bantuan Sosial (Bansos) provinsi di wilayah itu, agar segera mendapat tindaklanjut. “Agar tidak ada kecemburuan karena yang dari pusat maupun kabupaten, sudah disalurkan,” ujar Anggota Komisi I tersebut.


Mereka juga menginginkan bantuan itu tidak hanya dilaksanakan satu kali atau satu bulan saja, dalam upaya penanganan pandemik Covid-19. Apalagi untuk bansos dari pusat dilakukan ada yang enam kali ataupun juga 12 bulan. Bahkan masih ada 600 yang masih belum tercover dan diharapkan dapat ditindaklanjuti, melalui Bantuan Sosial Tunai (BST) dari provinsi. Keinginan ini, ujarnya, adalah usulan langsung dari Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Sukamara, agar bisa menjadi perhatian.


Selain itu ada juga aspirasi menyangkut infrastruktur. Pemkab setempat sendiri tetap berharap proyek lanjutan jembatan yang menghubungkan Sukamara dan Ketapang Kalimantan Barat terus berlanjut. Hal itu sendiri sesuai dengan DPA tahun anggaran 2020, dimana kedepan sangat bermanfaat bagi berbagai sektor.