Nelayan Kasongan Baru Usulkan Pengadaan Mesin Alkon

PALANGKA RAYA – Sejumlah masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan di Kelurahan Kasongan Baru, Kabupaten Katingan, mengusulkan bantuan mesin perahu atau Alkon. Usulan itu mereka sampaikan dalam rangka mendukung pengembangan perekonomian masyarakat setempat, khususnya dalam bidang perikanan.


Hal ini disampaikan masyarakat Kasongan Baru kepada Anggota DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) dari Daerah Pemilihan (Dapil) I, meliputi Kabupaten Katingan, Gunung Mas (Gumas) dan Kota Palangka Raya Natalia, saat melaksanakan reses perorangan kewilayah setempat, belum lama ini.


“Saat melaksanakan kunjungan ke Kelurahan Kasongan Baru, ada beberapa usulan yang disampaikan masyarakat setempat. Salah satunya yaitu harapan bantuan mesin Alkon, untuk mendukung aktifitas masyarakat mencari ikan,” ucap Natalia, saat dibincangi di gedung dewan, Selasa (13/4).


Anggota Komisi II DPRD Kalteng yang membidangi Ekonomi dan Sumber Daya Alam (SDA) ini juga mengatakan, agar usulan terkait bantuan mesin Alkon bisa diakomodir pemerintah melalui Dinas Kelautan, ada sejumlah prosedur yang harus diikuti oleh masyarakat. Yaitu masyarakat harus membuat dan mengajukan proposal bantuan.


“Penting bagi masyarakat untuk membuat dan mengajukan proposal ke Dinas Kelautan setempat, agar bantuan pengadaan mesin Alkon tersebut bisa segera ditindaklanjuti pemerintah. Karena pengajuan proposal bantuan merupakan prosedur utama yang diwajibkan dalam permohonan bantuan,” ujarnya.


Selain berharap bantuan mesin Alkon, masyarakat kelurahan Kasongan Baru juga berharap bantuan bibit pertanian, peternakan dan perikanan. “Usulan lainnya dari masyarakat terkait harapan pengadaan bibit pertanian, bibit ternak seperti kambing dan sapi, serta bibit ikan. Dimana harapan ini bertujuan untuk memulihkan perekonomian masyarakat yang terdampak pandemi Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19,” tandas politisi dari Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) ini.


Harapan dan usulan masyarakat Kasongan Baru, sambung Natalia, akan ditampung dan segera disampaikan kepada pemerintah melalui dinas/instansi terkait, agar bisa ditindaklanjuti dan direalisasikan.