Moeldoko dan Para Menteri Kunjungi Food Estate

PALANGKA RAYA- Kepala Staf Kepresidenan (KSP) RI Moeldoko dan sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Bersatu melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Kalimantan Tengah, secara khusus meninjau kawasan Food Estate di Kapuas dan Pulang Pisau. Kedatangan rombongan disambut langsung Sekda Kalteng H Fahrizal Fitri di Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya, Selasa (6/4).


Beberapa Menteri yang hadir, seperti Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan jajaran terkait lainnya.


Dalam kunjungannya tersebut, mereka meninjau lokasi Food Estate dan melihat tanam padi secara langsung di Blok A5 Desa Bentuk Jaya, Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas.


Selain itu, rombongan juga diagendakan meninjau lokasi bengkel Alat Mesin Pertanian (Alsintan) Food Estate di samping helipad, yang dilanjutkan dengan peninjauan ke titik lokasi olah lahan, penanaman dan infrastruktur irigasi. Di kawasan Food Estate, disambut secara langsung Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran beserta jajaran lainnya.


Gubernur menuturkan, pihaknya menyambut secara langsung jajaran KSP RI, Menko dan sejumlah menteri untuk melihat kesiapan dan peningkatan program lumbung nasional di kabupaten tersebut. Tidak hanya melaksanakan peninjauan dari darat, rombongan juga diajak untuk melihat secara langsung dalam pemantauan melalui udara.


“Food Estate merupakan konsep pengembangan pangan yang dilakukan secara terintegrasi mencakup pertanian, perkebunan, bahkan peternakan di suatu kawasan,” ujarnya.


Dijelaskannya, untuk lokasi Food Estate di Kalteng, ada di Kabupaten Pulang Pisau dan Kabupaten Kapuas, yang merupakan salah satu Program Strategis Nasional (PSN) 2020-2024. Luas lahan yang akan dijadikan kawasan itu adalah seluas 165.000 hektare.


Dalam momen itu, selain sambutan dari Gubernur Kalteng, Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan juga menyampaikan sejumlah arahan, menyangkut tindak lanjut maupun kegiatan Food Estate.


Bahkan, Deputi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang, Kemenko Bidang Perekonomian dan Direktur Pengembangan Kawasan Transmigrasi, Kementerian Desa PDT dan Transmigrasi, juga memberikan beberapa penjelasan menyangkut progresdari Food Estate tersebut.


Setelah mengikuti tanam padi, pihaknya melanjutkan peninjauan olah lahan serta kemajuan dari infrastruktur irigasi, oleh Gubernur Kalteng dan rombongan kementerian. Digelar juga dialog dan diskusi bersama petani setempat. drn