Gubernur Serahkan DIPA Kabupaten/Kota

27 Desember Harus Sampai ke Pengguna Anggaran


PALANGKA RAYA – Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) 2019 kepada Bupati/Wali Kota, Kepala Kantor Wilayah/Instansi Vertikal, dan Kepala Perangkat Daerah Provinsi Kalteng, di Istana Isen Mulang, Palangka Raya, Senin (17/12) pagi.


Dalam kesempatan itu, secara simbolis diserahkan DIPA kepada 10 instansi vertikal lingkup Provinsi Kalteng, Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng, dan kepada 4 Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Provinsi Kalteng.


“Sebagai wakil pemerintah pusat di daerah, saya telah menyerahkan DIPA kepada Bupati/Wali Kota se-Kalteng, kepada Kepala Kantor Wilayah/Instansi Vertikal, dan Kepala Perangkat Daerah Provinsi Kalteng,” ujar Sugianto.


Sugianto meminta agar paling lambat 27 Desember 2018, semua dokumen DIPA Kabupaten/Kota se-Kalteng 2019 tersebut sudah diserahkan kepada pengguna anggaran dan kuasa pengguna anggaran di kabupaten/kota se-Kalteng.


Dia juga meminta agar anggaran dipergunakan dengan baik, sehingga betul-betul berguna bagi pembangunan di Kalteng, berguna bagi masyarakat, baik untuk pembangunan di sektor pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan masyarakat.


Sementara itu, Sekda Kalteng Fahrizal Fitri mengatakan total alokasi dana transfer ke daerah dan dana desa lingkup Provinsi Kalteng, termasuk kabupaten/kota berjumlah Rp17,492 triliun lebih. Anggaran tersebut terdiri dari DAU sebesar Rp10,428 triliun lebih, DAK fisik Rp1,492 triliun lebih, DAK non fisik Rp2,039 triliun lebih, dana insentif daerah Rp201,325 miliar lebih, dana bagi hasil Rp1,983 triliun lebih, dan dana desa Rp1,347 triliun lebih.


Sedangkan total alokasi dana APBN yang dikelola melalui DIPA Kantor Pusat, dan DIPA Kantor Daerah sebesar Rp5,719 triliun lebih, terdiri dari DIPA Kantor Pusat Rp1,687 triliun lebih, DIPA Kantor Daerah Rp4,032 triliun lebih.


Total alokasi dana APBN yang dikelola pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota melalui DIPA Dekonsentrasi dan tugas pembantuan sebesar Rp337,969 miliar lebih dengan rincian DIPA dekonsentrasi Rp139,486 miliar lebih dan DIPA tugas pembantuan provinsi/kabupaten/kota Rp198,489 lebih. dkw