Ajak Pemuka Agama Wujudkan Persatuan dan Kesatuan

Dewan Apresiasi DAD 


PALANGKA RAYA – Kalangan DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) mengapresiasi langkah Dewan Adat Dayak (DAD) Kalteng, dalam menyatukan umat beragama di wilayah tersebut.


Hal itu dibuktikan dengan pertemuan bersama para pemuka agama untuk mengajak umat di Betang Hapakat Palangka Raya, belum lama ini.


Menurut Wakil rakyat dari Dapil I yang meliputi Palangka Raya, Katingan, dan Gunung Mas DR P Lantas Sinaga, hal ini menggambarkan kondisi Kalteng yang mendapat julukan Bumi Pancasila.


“Ini sangat penting mengingat memberikan sebuah imbauan positif, agar kita terus menjaga persatuan dan kesatuan tanpa membedakan satu sama lainnya. Khususnya yang berhubungan dengan kerukunan antarumat beragama,” ujarnya, ketika dihubungi via telepon seluler, belum lama ini.


Dirinya dalam kesempatan itu juga sempat menyampaikan apresiasi sekaligus imbauan, agar seluruh pemuka agama bisa memberikan bimbingan yang positif kepada umatnya. Artinya jangan sampai ada ajakan yang bersifat provokasi ataupun negatif. Selama ini umat beragama di wilayah itu sudah hidup rukun dan damai saling berdampingan.


Filosofi Huma Betang yang sudah menjadi pegangan masyarakat hingga berpuluh-puluh tahun, merupakan salah satu kunci harmonisasi tersebut. Ketika hal itu sudah diwujudkan bersama-sama, maka mengarah pada kondusifitas yang baik.


“Masyarakat di Kalteng tidak akan mudah terprovokasi dengan isu-isu yang radikal, bahkan mengarah pada indikasi perpecahan. Jadi julukan bumi pancasila serta filosofi huma betang, bukanlah sekedar semboyan belaka, melainkan perwujudan kehidupan publik sehari-hari,” ucap Ketua Persatuan Gereja-gereja Pantekosta Indonesia (PGPI) Wilayah Kalteng itu mengakhiri.