X

Register

Nama

User ID

Email

Password

Confirm Password

Submit

Pengumuman

  •   www.dprd-kaltengprov.go.id Jl. S. PARMAN No. 2 KODE POS 73112 Tlp. (0536) 3236320 Fax (0536) 3236239 PALANGKA RAYA
  •   Catatan : 1.Jadwal sewaktu-waktu dapat berubah, 2.Pelaksanaan Kegiatan yang tercantum dalam jadwal ditindaklanjuti dengan undangan dari pimpinan Dewan
  •   Selamat Datang Di DPRD Provinsi Kalimantan Tengah

Buletin

Polling

Setujukah Anda Palangkaraya, Kalimantan Tengah Menjadi Ibukota Pemerintahan Negara?  ?

Jawaban anda :



42 Tahun di Kaltim, Tak Lupa Bahasa Dayak Kalteng

 

Kamis (22/8) pagi, Gedung Pertemuan Lamin Etam yang berada di dalam Kompleks Kantor Gubernur Kaltim, ramai dengan ratusan orang berpakaian batik khas Kalteng. Raut wajah mereka tampak antusias menyambut kedatangan Gubernur Kalteng Agustin Teras Narang.

Selama hidup di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), para warga Kalimantan Tengah (Kalteng) ternyata tetap memegang teguh landasan falsafah rumah betang, demokrasi dan kebersamaan dalam mencapai kesejahteraan bersama.

Tentu kunjungan Gubernur Kalteng Agustin Teras Narang ke bumi Etam kali ini memiliki arti tersendiri bagi warga Kalteng yang ada di Kaltim. Maksud kunjungan Gubernur Teras Narang adalah untuk melantik Pengurus Kapakat Isen Mulang (KIM) Kaltim.

Gubernur tak datang sendiri, tapi didampingi sejumlah pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Provinsi Kalteng. Tampak Kepala Dinas Perkebunan Kalteng Rawing Rambang, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Tute Lelo, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Leonard S Ampung, Kepala Dinas Kehutanan Sipet Hermanto, Karo Humas dan Protokol Benius, Ketua Dewan Riset Daerah Prof Ahim S Rusan, Mantan Sekda Prov Kalteng Thampunah Sinseng, dan salah seorang tokoh adat Dayak Kalteng Sipet Masal.

Setelah pelantikan, acara dilanjutkan dengan jamuan makan siang dan dialog antara Gubernur Kalteng dan warga Kalteng yang menetap di Kaltim. Di antara ratusan warga yang hadir, tampak seorang tokoh masyarakat Kaltim asal Kalteng yang telah lama menetap di Kaltim dan meraih kesuksesan.

Dia adalah Hendrik Urbanus Ibrahim. Saat ini dia menjabat presiden direktur sebuah perusahaan pertambangan nasional terkemuka. Sebelumnya ia telah dipercaya menjabat sebagai direktur di perusahaan asing PT Petrosea sejak 42 tahun yang lalu.

“Dari cabang perusahaan di Kabupaten Kutai Barat, Kutai Timur, Paser, dan Balikpapan, saya adalah satu-satunya orang Indonesia yang menjadi direktur di perusahaan asing tersebut. Dan tentu saja, satu-satunya orang Kalimantan Tengah,” ungkapnya, bangga.

Pria ramah dan murah senyum itu menceritakan, selama 42 tahun berkarya, banyak sekali permasalahan antara perusahaan dan masyarakat di Kalimantan Timur (Kaltim).

“Saya turun langsung untuk menangani masalah tersebut. Sekalipun saya lahir di Kalteng, dan masalah adat terjadi di Kaltim, tetapi filosofi dan budaya antarmasyarakat Dayak, tetap sama, sehingga lebih mudah bagi saya untuk menjembatani masalah tersebut,” tuturnya sembari tersenyum.

Saat ini, kata Hendrik, sudah ada warga Kalteng yang menempati posisi-posisi penting dalam sektor industri di Kaltim. Namun, jumlah sumber daya manusia yang memiliki keterampilan wirausaha tersebut terbilang masih langka.

Pada Mei mendatang, rencananya Hendrik akan mulai bekerja di tanah kelahiran kedua orangtuanya, yaitu Kota Buntok, Kabupaten Barito Selatan. “Meski demikian, hati saya masih ada panggilan untuk warga Dayak di Kaltim, sehingga Om Martinus mengangkat saya sebagai salah satu penasihat Kapakat Isen Mulang,” katanya.

Misi utama kepindahannya adalah menjawab tantangan untuk mengangkat masyarakat Dayak Kalteng, agar sama dengan sumber daya manusia yang ada di Kaltim.

Hendrik lahir di Banjarmasin, Kalsel, menuntut ilmu di sekolah menengah di Amerika Serikat, kemudian mengenyam pendidikan tinggi di Fakultas Keguruan Universitas Lambung Mangkurat dan bekerja di Kaltim. “Di mana pun saya berada, bahasa Dayak Kalteng tetap saya gunakan,” tandasnya. bawien panggalih

Kolom Aspirasi

Kirim Aspirasi
Lihat Lainnya

Berita Umum

1.500 Anak Meriahkan Hari Anak Nasional

1.500 Anak Meriahkan Hari Anak Nasional

Peringatan Hari Anak Nasional Tingkat Provinsi Kal

Copyright © 2012 DEWAN PERWAKILAN RAKYAT PROVINSI KALIMANTAN TENGAH

Jl. S. PARMAN No. 2 KODE POS 73112 Tlp. (0536) 3236320 Fax (0536) 3236239 PALANGKA RAYA