X

Register

Nama

User ID

Email

Password

Confirm Password

Submit

Pengumuman

  •   www.dprd-kaltengprov.go.id Jl. S. PARMAN No. 2 KODE POS 73112 Tlp. (0536) 3236320 Fax (0536) 3236239 PALANGKA RAYA
  •   Catatan : 1.Jadwal sewaktu-waktu dapat berubah, 2.Pelaksanaan Kegiatan yang tercantum dalam jadwal ditindaklanjuti dengan undangan dari pimpinan Dewan
  •   Selamat Datang Di DPRD Provinsi Kalimantan Tengah
Polling

Setujukah Anda Palangkaraya, Kalimantan Tengah Menjadi Ibukota Pemerintahan Negara?  ?

Jawaban anda :




frontpage hit counter

7 Fraksi Terima 5 Raperda

 

RAPAT PARIPURNA KE-8

Lima Raperda yang diajukan Pemprov Kalteng, diterima dan disepakati fraksi-fraksi pendukung DPRD Kalteng. Kelima Raperda itu akan dibahas lebih lanjut sesuai mekanisme dan tata tertib DPRD.

PALANGKA RAYA –  Tujuh fraksi pendukung DPRD Kalteng menyatakan menerima 5 rancangan peraturan daerah (Raperda) Kalteng yang diajukan Pemprov, untuk dibahas lebih lanjut. Hal itu disampaikan dalam pemandangan umum fraksi pendukung DPRD Kalteng, dalam Rapat Paripurna DPRD Kalteng ke-8 Masa Persidangan I Tahun Sidang 2013, Senin (15/4).

Kelima Raperda itu, Perubahan Atas Peraturan Daerah Provinsi Kalimantan Tengah No.7/2010 tentang Pajak Daerah. Kedua, Pelayanan Informasi Publik Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Provinsi Kalimantan Tengah. Ketiga, Penyertaan Modal Daerah pada Perseroan Terbatas Penjamin Kredit Daerah (PT Jamkrida) Provinsi Kalimantan Tengah. Keempat, Tuntutan Perbendaharaan dan Tuntutan Ganti Rugi Keuangan dan Barang Daerah. Dan kelima, Pengaturan Keberadaan Pohon pada Ruang Bebas Jaringan Listrik untuk Penyaluran Tenaga Listrik di Kalimantan Tengah.

Rapat Paripurna tersebut dipimpin Wakil Ketua DPRD Kalteng Hendry S Dalim didampingi Wakil Ketua Arief Budiatmo dan H Abdul Razak, dan dihadiri Wagub Kalteng Achmad Diran serta sejumlah kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dan anggota DPRD Kalteng.

Jimin, jurubicara Fraksi Demokrat dalam memberikan pemandangan umum fraksinya mengatakan, jika melihat materi Raperda yang telah disampaikan Gubernur Kalteng Agustin Teras Narang dalam Rapat Paripurna ke-7 beberapa waktu lalu, pihaknya melihat Raperda tersebut memang sangat diperlukan. “Atas dasar paparan ringkas sebagaimana usulan Gubernur, maka Fraksi Demokrat dapat menerima 5 Raperda ini untuk dibahas lebih lanjut melalui mekanisme yang diatur,” kata Jimin.

Dijelaskannya, pajak daerah merupakan salah satu sumber pendapatan daerah yang penting guna membiayai pelaksanaan pemerintahan daerah. Karena begitu pentingnya peranan pajak, Pemprov dituntut untuk mengelola potensi pajak secara optimal dengan berlandaskan prinsip-prinsib pemerintahan yang baik dan bersih, transparansi, dan akuntabilitas.

Catatan lain yang ia sampaikan, jangan sampai karena semangat untuk meningkatkan penerimaan pajak dan retribusi daerah ini, justru sampai berakibat pada pembebanan terhadap masyarakat. “Kita tidak menginginkan pemungutan pajak ini menimbulkan beban yang besar bagi masyarakat kita.

Jurubicara fraksi lainnya juga mengatakan hal senada. Fraksi PDI Perjuangan disampaikan oleh Rahmat Nasution Hamka, Fraksi Golkar H Muneman Syamsu, Fraksi Amanat Nasional oleh H Syafrudin H Husin, Fraksi PPP oleh H Kamaruddin Hadi, Fraksi Gerindra oleh H Iwan Kurniawan dan Frakasi Bintang Kebangkitan Nurani oleh Habib Said Ismail.

5 Raperda usulan Pemprov:

  1. Raperda Perubahan Atas Peraturan Daerah Provinsi Kalimantan Tengah No.7/2010 tentang Pajak Daerah
  2. Raperda Pelayanan Informasi Publik Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Provinsi Kalimantan Tengah
  3. Raperda Penyertaan Modal Daerah pada Perseroan Terbatas Penjamin Kredit Daerah (PT Jamkrida) Provinsi Kalimantan Tengah
  4. Raperda Tuntutan Perbendaharaan dan Tuntutan Ganti Rugi Keuangan dan Barang Daerah
  5. Raperda Pengaturan Keberadaan Pohon pada Ruang Bebas Jaringan Listrik untuk Penyaluran Tenaga Listrik di Kalimantan Tengah

Kolom Aspirasi

Kirim Aspirasi
Lihat Lainnya

Berita Umum

Gubernur Kembali Ingatkan Masyarakat Tidak Bakar Lahan

Gubernur Kembali Ingatkan Masyarakat Tidak Bakar Lahan

  PALANGKA RAYA – Meski sempat turun h

Copyright © 2012 DEWAN PERWAKILAN RAKYAT PROVINSI KALIMANTAN TENGAH

Jl. S. PARMAN No. 2 KODE POS 73112 Tlp. (0536) 3236320 Fax (0536) 3236239 PALANGKA RAYA