Warga Awang Usul Pembangunan Jalan Usaha Tani

RESES PERSEORANGAN


PALANGKA RAYA-Untuk mendukung kegiatan pertanian yang telah mereka laksanakan selama ini, sejumlah warga di Kecamatan Awang, Kabupaten Barito Timur (Bartim) mengusulkan kepada pemerintah untuk membangunkan jalan usaha tani. Permintaan tersebut disampaikan masyarakat setempat saat bertemu anggota DPRD Kalteng, H Zain Alkim, saat melaksanakan reses ke daerah itu, beberapa waktu lalu.


Menurutnya, dalam reses DPRD Kalteng yang dilangsungkan secara perseorangan, belum lama ini, dia mengunjungi beberapa daerah di Kabupaten Bartim di antaranya di Kecamatan Awang.


Dalam pertemuan dengan jajaran pemerintah kecamatan serta perwakilan masyarakat dari beberapa desa di kecamatan tersebut, banyak aspirasi yang disampaikan di antaranya mereka mendukung pembangunan infrastruktur khususnya ke wilayah pengembangan pertanian.


“Di bidang fisik dan prasarana, warga mengusulkan pembangunan jalan usaha tani sepanjang 1 kilometer dan lebar 2 meter di Desa Wungkur Nanakan dengan fisik semenisasi,” kata Zain, kepada media ini, Rabu (4/7).


Permintaan tersebut, ungkap dia, guna mendukung kegiatan pertanian masyarakat setempat, sehingga memudahkan para petani memanen kemudian menjual hasil pertaniannya ke luar.


Dengan terbantunya para petani dalam pembangunan infrastruktur usaha tani ini, maka dipastikan perekonomian masyarakat setempat juga akan meningkat.


Lebih lanjut, anggota Komisi A yang membidangi Pemerintahan, Keuangan dan Hukum ini mengatakan, dalam pertemuan itu, masyarakat juga mengusulkan pembangunan dan perbaikan jalan dari Desa Wungkur Nanakan, di daerah Dusun Peho menuju Desa Tangkan.


“Warga Desa Wungkur Nanakan mengusulkan perbaikan jalan dari Desa Wungkur Nanakan menuju Desa Tangkan,” tambah legislator dari Fraksi Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) ini.


Kemudian, masyarakat juga mengharapkan dibangunnya sarana penerangan di wilayah jalan desa yang dibangun, sehingga masyarakat dapat dengan mudah melalui jalan-jalan yang telah dibangun oleh pemerintah tersebut.


“Ada juga permohonan dibangun fasilitas penerangan jalan desa di Desa Wungkur Nanakan,” kata Wakil rakyat dari daerah pemilihan (Dapil) IV Kalteng, meliputi Kabupaten Murung Raya, Barito Utara, Bartim dan Barito Selatan ini.