Gubernur Ingatkan Bupati, ABPD Fokus Pada 4 Sektor

PALANGKA RAYA-Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran saat penyerahan Daftar Isian Penggunaan Anggaran (DIPA) 2018 dan Rakor pembangunan se Kalteng, di Palangka Raya, baru-baru ini, mengingatkan bupati/walikota se Kalteng agar APBD kabupaten/kota 2018 dapat difokuskan pada empat sektor.


Keempat sektor tersebut yaitu, infrastruktur, pendidikan, kesehatan, dan perekonomian masyarakat secara luas.


“Supaya fokus penggunaan anggaran APBD ini maupun APBD kabupaten dan kota, fokus pada infrastruktur, pendidikan, kesehatan, dan perekonomian masyarakat secara luas,” ujarnya.


Untuk infrastruktur, ujar Sugianto, pemerintah provinsi dalam APBD 2018 sudah menganggarkan hampir 37 persen lebih, bahkan kalau digabung dengan multi years mencapai 40 persen lebih.


“Jadi kita fokus ke infrastrukltur, menyelesaikan jalan-jalan poros ekonomi, supaya ini bisa selesai dalam dua tahun, sehingga ini akan berdampak pada PAD kita,” ujarnya.


Sehingga pihaknya tidak melihat apakah jalan tersebut merupakan jalan provinsi atau jalan kabupaten/kota, namun apabila jalan tersebut dianggap strategis secara ekonomi, maka pemprov akan turun tangan untuk menyelesaikannya.


Misalnya jalan menuju Pelabuhan Roro di daerah Bahaur, Kabupaten Pulang Pisau, karena keberadaan jalan tersebut dianggap penting untuk ekonomi dan masyarakat Kalteng ke depannya, maka jalan itu akan ditangani dengan multi years, ujarnya.


Sementara untuk sektor pendidikan, pemprov sudah menganggarkan sekitar 27 persen dan pada 2018 mendatang sekolah SMK/SMA di Provinsi Kalteng sudah mempunyai komputer termasuk untuk gaji guru-guru honorer.


Begitu juga dengan sektor kesehatan dan perekonomian masyarakat secara luas. Namun untuk peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat tersebut, juga diharapkan keterlibatan dan dukungan dari dunia usaha yang berinvestasi di daerah itu.